Kenapa cowok suka banget main game?

 

Dilatar belakangi mas-mas gw yang suka banget main game, gw jadi sering mikir kenapa ya cowok suka banget main game?. Setiap ada waktu bisa main game pasti mas gw main game, kalo nggak dota ya main game bola. Gak bisa dipungkiri cewek ada juga yang suka main game, tetapi cowok masih mendominasi. Bisa dilihat dari data di bawah bahwa cowok mendominasi tetapi beberapa tahun belakangan jumlah antara pemain cowok dan cewek seimbang.

Distribusi Video Gamers di US dari tahun 2006-2022

Terkadang orang yang main game suka over, bisa main dari pagi sampe malam. Gw paham kalo game emang didesign sedemikian rupa biar addicted. Cuma bagi gw pribadi kalo main game sampe lupa dengan kewajiban-kewajiban yang harus dijalani itu tandanya orang itu gak bisa bagi prioritas. Tapi akhirnya gw berusaha mencari tahu pengaruh dari game terhadap cowok. Dari curiousity itu, gw jadi nyari dan mempelajari otak manusia, perbedaan otak laki-laki dan perempuan, bagaimana cara berpikir laki-laki dan perempuan. And finally gw nemuin jawabannya.

Fungsi otak. Sc:pinterest

Sebelum membahas tentang perbedaan perkembagan otak pada anak laki-laki dan perempuan gw mau bahas tentang fungsi-fungsi otak terlebih dahulu. Berdasarkan teori Roger Sperry, otak manusia dibagi menjadi dua berdasarkan fungsinya. Otak kiri merupakan otak yang berhubungan dengan logika dan rasio manusia, kemampuan menulis dan membaca, dan meruapan pusat dari matematika. Orang yang memiliki otak kiri yang dominan cenderung pandai melakukan Analisa, proses logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient(EQ). Otak kanan verhubungan dengan kemampuan spasial dan kemampuan sosialisasi, komunikasi, interaksi denga manusia, serta berfungsi dalam perkembangan kegiatan kreatif seperti menari, menggambar, atau menyanyi.

Pada dasarnya perkembangan otak laki-laki dan perempuan berbeda. Pada anak perempuan usia 0-6 tahun otak kanan dan otak kirinya berkembang seimbang sedangkan otak kanan anak laki-laki pada usia 0-6 tahun berkembang lebih cepat dibandingkan otak kirinya. Artinya pada usia 0-6 tahun perkembangan kemampuan kreatif anak laki-laki lebih cepat dibandingkan perkembangan analisanya. Pada usia tersebut anak laki-laki lebih menyukai hal-hal yang mengembangkan kemampuan dari otak kanannya, seperti bermain game atau kegiatan olahraga. Sedangkan pada anak perempuan keduanya seimbang, oleh sebab itu anak perempuan lebih cepat dalam belajar bahasa maupun matematika dengan tenang daripada laki-laki. Ada perbedaan lainnya, otak perempuan memiliki otak untuk berkomunikasi pada otak kanan dan kirinya sedangkan otak laki-laki terletak pada otak kanannya saja.

Namun pada usia 12-18 tahun perkembangan otak kiri anak laki-laki mulai mengimbangi perkembangan otak kanannya sehingga pada usia lebih dari 18 tahun perkembangan analisanya berkembang dengan pesat dan pada usia 12-18 tahun anak laki-laki mulai mengerti cara disiplin. Perbedaan lainnya anak laki-laki berfokus pada benda seperti, handphone, mainan, atau benda lainnya. Sedangkan perempuan fokus pada ekspresi orang, body language, dan lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh sklera mata antara perempuan dan laki-laki berbeda. Sklera mata anak perempuan lebih lebar dibandingkan dengan anak laki-laki. Sehingga wajar apabila laki-laki lebih menyukai bermain dengan handphonenya dibandingkan berbicara dengan banyak orang.

Perbedaan kesadaran pada laki-laki dan perempuan:

Laki-laki

Perempuan

Pendapatan Hasil

Komunikasi

Pencapaian Tujuan

Kerja sama

Status dan kekuasaan

Harmoni dan cinta

Mengalahkan saingan

Berbagi dan hubungan antar manusia

Dengan kesadaran otak laki-laki tersebut membuat laki-laki menyukai bermain game karena di dalam game ada ranking atau pencapaian-pencapaian yang didapatnya. Memang dasarnya hal-hal yang di dalam game sangat menarik bagi laki-laki. Kesimpulannya, laki-laki suka bermain game adalah hal yang wajar karena fitrahnya menyukai hal yang seperti itu. 

 



Komentar

Postingan Populer