Kisah Si Mbah

 Gw kali ini mau sharing tentang hal yang berkesan selama gw KKN. Jadi selama gw KKN, kelompok gw tinggal di rumah warga dan rumah untuk anggota kelompok cewek dan cowok terpisah. Tempat tinggal sementara untuk anggota kelompok cewek berada di rumah Mbah Fatima.

Dalam satu lingkup rumah Mbah Fatima ada dua rumah, satu rumah yang terlihat lumayan modern yang ditempati oleh cucu Mbah Fatima dan satu lagi rumah yang ditempati oleh Mbah Fatima sekaligus rumah yang ditempati kami selama KKN yang terlihat sangat sederhana. Mbah Fatima terlihat sangat perhatian ketika kami pertama kali datang. Digelar karpet di ruang depan dan rumah terlihat sangat bersih. Dengan perhatiannya gw merasa disambut banget sama Mbah Fatima. Setelah dikulik ternyata Mbah Fatima  yang meminta agar kami tinggal di rumahnya. Setiap kali gw dan teman-teman gw masak, Mbah Fatima diam-diam selalu memperhatikan dan tak jarang menawarkan bantuan seperti, “Nduk, ini tempat buat sayurnya” atau “Nduk, nasinya kurang? Kalo kurang nanti diambilin”. MasyaAllah rasanya senang dan merasa diterima sekali. Sering  Mbah Fatima memberikan makanan ringan yang menurut gw enak banget. Selain mengenyangkan, makanannya gratis pula hehe.

Mbah Fatima suka banget duduk depan gazebo rumah, mungkin karena dan bisa interaksi dengan banyak orang yang lewat. Pernah gw abis pulang dari ngajar SD, proker gw selama KKN, gw liat Mbah Fatima duduk di gazebo. Gw setelah masuk ke rumah dan melihat teman-teman gw tidur akhirnya memilih keluar. Selain takut ganggu teman-teman, gw mau pdkt sama Mbah Fatima. Sambil duduk bareng gw mulai cerita-cerita hal sederhana sama Mbah Fatima, contohnya gw nanya Mbahnya suka makan apa, biasanya kalo pagi ngapain aja, sampe udah punya cucu berapa. Mbah Fatima cerita banyak hal sampai Mbah Fatima juga cerita tentang kejadian lucu di Mekkah sewaktu beliau umrah. Sewaktu belanja di pasar katanya beliau ditawarkan baju pak Jokowi!.

Percakapan kami berjalan sampai gw bertanya, “Mbah kenapa gak tinggal di rumah sebelah? Kan lebih nyaman”. Beliau menjawab dengan alasan yang sederhana, “Eman nduk, kan rumah itu jelek jadi mbah tempatin”.

Mungkin maksudnya kalo mbahnya gak tinggal di rumah itu nanti rumahnya gak terawat jadi sayang banget kan, padahal ada rumah masa gak dijaga. Kalo gw yang ditanya gw sih udah pasti lebih milih tinggal di rumah sebelah yang lebih bagus dan pasti lebih nyaman. Tapi Mbah Fatima memilih untuk tetap tinggal di rumah yang menurut gw sederhana banget. Terenyuh banget hati gw selama ngobrol sama Mbah Fatima. Ditengah penatnya ngerjain proker, ngobrol bareng Mbah Fatima bikin gw ngerasa lebih fresh dan rasanya lagi di rumah banget. Dari sini gw sedikit malu dengan Mbah Fatima. Gw merasa harus lebih bersyukur, memanfaatkan dan memaksimalkan apa yang gw punya. MasyaAllah precious people, semoga cerita yang gw tulis kali ini bisa diambil positifnya ya! Dan tungguin gw bakal balik dengan cerita-cerita gw selama KKN!

Komentar

Postingan Populer