Gue Gak Cakep!

 

Pernah dengar kalimat itu? Pernah kita dengar dari orang lain atau bahkan mungkin sering banget kita ucapin ke diri kita sendiri. Gue pun pernah mengalami masa dimana gue gak percaya diri dengan penampilan gue. Saat itu sering banget gak berani buat bergaul sama teman-teman. Tapi semakin dewasa  akhirnya gue menyadari bahwa validasi dari orang lain itu gak penting. Misal banyak yang bilang kita jelek, gendut, hitam beuh gak ada cakepnya deh di mata orang tapi kita percaya bahwa kita adalah ciptaan Allah yang indah maka kata-kata itu gak akan berpengaruh ke diri kita. Dan ada validasi terkuat,  yaitu validasi dari Allah langsung yaitu pada Surat At-Tin ayat ke-4, yang berbunyi:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ 4. 

Artinya:

"Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,"

Coba bayangkan Allah SWT yang menciptakan bumi, langit, dan apa yang diantara keduanya, yang lebih tau tentang alam semesta ini sudah memberikan validasi bahwa setiap manusia sudah diciptakan sebaik-baiknya. So, apalagi yang dikhawatirkan?

Tapi kenapa sih Allah SWT menciptakan manusia dengan bentuk yang berbeda-beda? Bukannya itu bisa menimbulkan standar kecantikan dari sebagian kelompok?

Kadang manusia memang bisa beropini seperti klasifikasi kecantikan manusia tapi pernah dengar gak kalo standar kecantikan di Indonesia dan Korea Selatan ternyata berbeda?. Ya, hal itu bisa jadi terjadi karena perbedaan kultur dan budaya sehingga menimbulkan perbedaan standar antar negara. Bahkan mungkin setiap daerah dari suatu negara memiliki standar kecantikan yang berbeda.

Tapi kenapa Allah SWT menciptakan setiap manusia berbeda rupa?. Coba bayangkan kalo setiap manusia diciptakan seperti standar kecantikan yang kalian mau, misalnya setiap orang diciptakan dengan hidung mancung, rahang berbentuk v line, berkulit putih, apa gak bingung tuh bedain orang-orang. Nanti pas mau keluar main ke tetangga jangan-jangan malah bingung rumahnya yang mana karena saking mirip satu sama lain haha. Tapi ternyata Allah SWT menciptakan manusia berupa-rupa dan diciptakan bersuku-suku ada alasannya loh! Yaitu terdapat pada Surat Al-Hujurat ayat ke-13,

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ  13. 

Artinya:

"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti". 

Jadi gimana cara untuk membangun self-confidence?

First, kita harus menyadari bahwa kita sudah diciptakan oleh Allah SWT dengan sempurna. Setelah sudah menyadarinya maka Langkah selanjutnya adalah memvalidasi hal tersebut kepada diri sendiri. Bisa dengan melakukan self affirmation setiap sebelum tidur atau bangun tidur. Yang terakhir, yang paling penting yaitu selalu bersyukur, menjaga, dan merawat diri sendiri. Kalo cuma yakin bahwa kalian indah aja gak cukup! 

Goodluck precious people!

Komentar

Postingan Populer