Bertumbuh

 


Ini adalah salah satu experience yang menyenangkan dan memorable banget. Awalnya saya coba-coba(pake nada penjual bakso boraks) setelah liat poster menanam pohon mangrove, gw pikir kayaknya bagus juga karena setidaknya gw ada kontribusi sedikit buat menjaga laut. Kakak gw yang ikut acara itu juga mengiyakan keinginan gw buat ikut. Jadi awalnya kita kumpul di titik kumpul dan lanjut berangkat naik mobil TNI(?) sampe ke lokasinya. Oh iya setelah nyampe di titik akhir pengantaran pake mobil, kita saling bantu untuk mengakomodasi bantuan bahan pokok buat warga sekitar daerah Muara Gembong, Bekasi. Jadi setelah itu kita lanjut naik perahu untuk mencapai daerah Muara Gembong.

Dari titik pemberhentian kapal, kami jalan sekitar 15 menit ke rumah warga untuk istirahat. Gw agak shock sedikit sama lingkungan daerah ini karena pohon-pohon yang ada pun gak bisa tumbuh dengan baik dan ternyata sulit air bersih, memang sih di daerah ini dekat laut cuma gw salut banget sama warga yang tinggal di sini. Ini gambaran keadaan sekitar (sorry agak ngeblur):


Setelah sampe di rumah warga kami disambut hangat warga sekitar dan bukan hanya itu bahkan warga menyediakan kami makanan dan minuman serius rasa makanannya gak kalah enak sama restoran bintang lima. Gw sama rombongan teman-teman kakak gw memilih makan di saung dekat hutan mangrove yang ada di sekitar rumah. Setelah kenyang kami langsung berkumpul untuk membuka acara penanaman mangrove dan menuju lokasi penanaman. Sebelumnya kami dibagikan sarung tangan. Butuh waktu sekitar 5 menit untuk mencapai lokasi penanaman. Lalu sebelum terjun langsung kami diberi arahan bagaimana cara menanam mangrove dengan baik dan benar.





setelah selesai menanam, kami kembali ke rumah warga untuk bersih-bersih dan bersiap ke tempat selanjutnya. Gw lupa nama tempatnya apa tapi di tempat itu kayak hutan yang memang dijaga pemerintah dan banyak banget monyetnya:). Jadi sepanjang gw di sana gw ketakutan karena monyetnya agresif banget hahaha. Sampe ada tempat minum orang yang diambil sama monyetnya loh. 

Selesai semua rangkaian acaranya kurang lebih jam 6 sore. Well banyak hal yang gw pelajari dari perjalanan ini. Yang pertama, bersyukur dengan semua hal yang ada di kehidupan. semua orang yang ada di sini selalu tersenyum yang buat hati gw meleleh banget. Yang kedua, sabar menghadapi keadaan, Gak ada gw liat dari warga daerah Muara Gembong misuh-misuh meskipun tinggal di tempat yang menurut gw kurang layak, Salut banget!. Yang ketiga gw melihat bahwa hal kecil yang kita berikan ke orang mungkin berpengaruh besar kedepannya baik perbuatan baik maupun perbuatan jahat. Gw berharap banyak orang yang sadar bahwa banyak tempat di sekitar kita yang perlu kita perhatikan dan jaga, kayak daerah Muara Gembong ini yang daerahnya rawan tenggelam. 

Segini dulu sharing dari gw, hope u have a blessed day precious people!
 








Komentar

Postingan Populer